Download video, foto, youtube, serta berita terbaru dan terkini.

Friday, August 2, 2013

Ketentuan Zakat Fitrah

Syarat zakat fitrah yaitu dapat berbentuk makanan pokok, misalnya kurma, gandum, dan beras. Akan tetapi sebagian besar menggunakan beras. Misalnya Anda tinggal di lingkungan masyarakat yang mengonsumsi jagung, maka sebaiknya Anda mengeluarkan jagung. Dari sebuah hadis dapat ditarik kesimpulan bahwa perhitungan zakat fitrah merupakan satu sha’ makanan pokok. Dalam artikel lainnya yaitu tentang perbedaan zakat fitrah dan zakat mal.

zakat


Hikmah zakat fitrah dalam kitab fiqh az-zakah menurut yusuf al-qaradhawi, hikmah zakat fitrah yaitu sekurang-kurangnya ada dua macam keutamaan yaitu, membersihkan diri pribadi bagi tiap-tiap muslim, khususnya orang-orang yang berpuasa, dari perkataan yang kotor dan perkataan yang kurang berguna, dan keutamaan kedua adalah memberikan makanan pada orang-orang miskin. ( HR abu dawud, ibnu majah, daruquthni, dan hakim )

Berapa pembayaran zakat di Indonesia? Jawabannya yaitu pembayaran 1 sha di Indonesia disepakati setara dengan 2,5 kilogram beras. Jadi jika harga beras per kilogram Rp 10.000 maka harga 2,5 kg beras adalah 2,5 x 10.000 = Rp 25.000.

Ketentuan Zakat Fitrah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown