Download video, foto, youtube, serta berita terbaru dan terkini.

Sunday, July 28, 2013

Cara Mengatasi dan Mengobati Stress

Stress dapat dialami oleh siapapun baik laki-laki, perempuan, anak ataupun orang dewasa. Penyebab stress sangat beragam, bisa jadi masalah keuangan, ekonomi, pendidikan ataupun lingkungan. Dan bagaimana mengatasi dan mengobati stress? Kali ini beritaya.blogspot.com akan berbagi tentang tips sederhana mencengah dan mengobati stress. Salah satunya yaitu dengan melakukan latihan relaksasi sederhana di bawah ini untuk membantu mengatasinya.

stress


1. Menghirup Aromaterapi

Sebuah penelitian di University of Tokyo telah membuktikan bahwa aroma tertentu seperti sitrus dan bunga-bungaan dapat digunakan sebagai penawar stres. Kuncinya adalah zat aktif linalool yang terdapat di dalam sitrus dan jenis bunga beraroma seperti lavender, melati, dan lain-lain. Berdasarkan penelitian, linalool mampu mengembalikan fungsi sel-sel tubuh yang mengalami stres ke level semula seperti ketika tidak terserang stres. Tidak bisa menghirup aroma bunga sungguhan? Oleskan saja setitik parfum favorit Anda di belakang telinga dan pergelangan tangan.

2. Mengudap Cemilan

Stres memang seringkali menimbulkan keinginan untuk mengunyah di luar waktu makan. Jika itu yang Anda alami, maka pilihlah jenis makanan yang telah terbukti ampuh mengatasi stres seperti cokelat hitam, teh hijau, ikan berlemak seperti salmon dan tuna, biji-bijian, jeruk, dan avokad. Kedelai yang kaya akan Vit E dan flavanoid juga mampu mengurangi hormon kortisol penyebab stress.

3. Olahraga Ringan.

Dalam kondisi stres, tubuh memproduksi hormon adrenalin dan kortisol yang meningkatkan denyut jantung dan membuat otot-otot terasa tegang. Anda bisa melakukan aktivitas fisik seperti berlari ataupun melompat di tempat untuk menyalurkan tekanan tersebut. Aktivitas fisik juga dapat memicu produksi hormon endorfin yang akan membuat tubuh Anda terasa lebih rileks.

4. Rehat Sejenak.

Kala terserang stres, seringkali pikiran terasa kusut dan sulit diajak berkompromi. Agar tidak berlarut-larut, ambil waktu beberapa menit untuk berjalan-jalan di sekitar gedung kantor Anda. Bermeditasi selama lima menit juga cukup efektif untuk menenangkan pikiran. Anda akan merasa lebih segar setelahnya.

5. Tertawa.

Menurut pakar kesehatan, tertawa adalah obat mujarab untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Kala tertawa, otot-otot wajah dan leher akan menjadi rileks dan tubuh memproduksi hormon endorfin yang mampu mendatangkan perasaan senang dan santai. Bercanda dengan teman, membaca buku lelucon, ataupun browsing gambar-gambar lucu lewat smartphone adalah beberapa hal yang bisa memancing Anda tertawa.


Semoga cara-cara di atas dapat membantu Anda mengobati stress. selamat mencoba.

Cara Mengatasi dan Mengobati Stress Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown